Camping Ceria di Situ Gunung dan Mengunjungi Jembatan Gantung Terpanjang di Jawa Barat

Akhir-akhir ini entah kenapa gue lagi demen banget sama yang namanya campcer atau camping ceria. Mungkin ini salah satu cara pelampiasan gua yang lagi rindu sama ketinggian, rindu tidur di tenda, rindu masak di nesting, rindu hammock-an di pohon. Faktor cuacalah yang membuat gue untuk berfikir dua kali mendaki di awal tahun ini. Sekarang gue mau ceritain ke kalian tentang campcer gue di daerah Sukabumi, tepatnya di kaki Gunung Gede Pangrango. Oke deh lanjut aja ke ceritanya ya!

Sabtu, 3 Maret 2018

Camping ceria kali ini kita pilih ke Situ Gunung yang berada di Kadudampit, Sukabumi, di kaki Gunung Gede Pangrango. Adapun orang-orang sableng yang mau aja ikut campcer kali ini adalah Arip, Detha, dan Isti selaku temen-temen kampus gue selama 4 tahun di universitas gak ternama, lalu ada Nurul temennya Detha yang udah gede, umur udah cukup buat kawin tapi masih aja polosnya kebangetan, lalu ada Farhan dan Slamet temennya Arip yang mau aja ikut ke campcer kali ini, belom tau dia ubaytrip itu kerad.

Untuk menuju tempat ini, kita menggunakan kereta api Pangrango. Kalo kita pilih kendaraan umum seperti bus atau elf bakal kena macet euy, secara jalur Bogor - Sukabumi kan kerad nan jahanam macetnya. Kita booking tiket kereta uda dari awal februari supaya gak keabisan. Kita naik kereta yang jam 07.50 pagi supaya nyampe Situ Gunung nya pas makan siang.

Sebetulnya gua mau ceritain gimana kita sampe di Stasiun Paledang, sebelum dan pas hari H, ada drama unyu-unyu gitu tapi gua mager ngetik haha. Intinya, kita semua tiba di Stasiun Paledang 20 menit sebelum kereta berangkat, cuma Slamet aja yang sampe 1 menit sebelum kereta berangkat. Tepat jam 7.50 akhirnya kereta kita berangkat, tutututuutttt.

Oh ya tujuan pemberhentian kita adalah di Stasiun Cisaat, soalnya memang lebih deket untuk ke Situ Gunung. Perjalanan selama 1 jam 50 menit akhirnya kita tiba di Stasiun Cisaat yang kecil bener. Dari Stasiun Cisaat udah ada beberapa angkot yang siap mengantarkan pengunjung yang ingin ke Situ Gunung. Waktu itu kita ditawarin dengan tarif 150rb sampai di gerbang Situ Gunung. Karena kita bertujuh dan cukup murah, akhirnya tanpa kita tawar langsung cuss meluncur ke Situ Gunung.

Angkot yang sudah standby

Stasiun Cisaat
Sebelum sampai di Situ Gunung, kita mampir Pasar Cisaat dulu untuk membeli keperluan logistik. Harga bahan makanan di pasar ini murahhhh pisan, dengan 20ribu aja kita uda bisa beli macem-macem deh. Singkatnya perjalanan selama kurang lebih 1 jam, akhirnya kita sampai di gerbang Situ Gunung yang ademmm bener. Sebelum lanjut ke tempat camp, kita beli tiket dulu. Khusus pengunjung macem kita yang mau camping, cukup bayar 35ribu. Perinciannya 29 ribu adalah tiket resminya sedangkan 6ribu nya adalah kebersihan.

Tetep selpi meskipun panas dan kesempitan di angkot

Tiket resmi berkemah di Situ Gunung

Peta kawasan Situ Gunung

Setelah bayar tiket masuk, kita langsung menuju camp area Tegal Bagendor karena cukup dekat dari gerbang dan cukup dekat untuk akses ke Situ Gunung. Gak perlu waktu lama, cukup 5 menit aja dari gerbang kita pun sampai di camp area Bagendor. Oh ya camp area ini cukup luas ya, terdapat beberapa toilet dan kamar mandi yang cukup bersih untuk ukuran camp area, lalu bisa menampung puluhan tenda. Sayangnya cuma atu, tempatnya agak terbuka dan minim pohon jadi susah dan bahkan kita gak bisa hammock-an deh. Kita masang tenda pas keadaan gerimis, bahkan menuju deres, ampun banget deh. Akhirnya setelah para laki-laki perkasa membangun tenda dan para cewe-cewe kiut memayungi lelaki perkasa, akhirnya tenda pun sempurna didirikan.

Tenda berhasil berdiri sempurna
Di hari pertama ini rencana kita untuk mengunjungi jembatan gantung terpanjang yang ada di Jawa Barat. Tetapi apa daya, hujan turun deres mulai dari kita masang tenda sampe jam 6 sore bosku, alhasil kita cuma masak aja dan main uno di dalam tenda deh. Setelah malam tiba pun hujan masih turun, rencana buat bikin api unggun gagal total. Jadi di hari pertama kita full mendekem di tenda aja.

Makanan pas kemcer kudu wajib kane!

Hari pertama main uno aja di dalam tenda

Minggu, 4 Maret 2018

Minggu pagi yang sangat cerah di Situ Gunung. Kita berencana abis subuh untuk jalan ke Situ Gunung, tapi apadaya wacana hanyalah wacana, ujung-ujung nya jam 8 kita baru gerak. Pastinya kita bikin sarapan dulu baru jalan ke Situ Gunung karena lokasinya cukup jauh. Perjalanan cukup menyusuri jalan yang sudah di beton, jadi motor maupun mobil bisa masuk. Tapi sekitar 200 meter dari Situ Gunung, pengunjung yang bawa kendaraan harus memarkirkannya lalu meneruskan dengan jalan kaki.

Oh ya jalur menuju Situ Gunung ini ramah banget. Meskipun agak jauh tapi konturnya cukup bersahabat. Cuma sekitar 100 meter sebelum Situ Gunung, jalan yang tadinya beton berubah jadi batuan dan cukup licin. Setelah berjalan selama 20 menit, akhirnya kita sampai juga di Situ Gunung! Pemandangan di Situ Gunung ini luar biasa indahnya. Dengan jelas kita bisa ngeliat Gunung Gede dan Pangrango yang diselimuti oleh lebatnya rimba. Di Situ Gunung mengingatkan gue saat ke Semeru, tepatnya suasana di Ranu Kumbolo, syahduuu bener. Coba aja kita dateng lebih pagi, kita bisa nikmatin deh tu kabut jembut lembut yang menyelimuti danau. Nyesel bener gua dateng siang, next kalo kemari lagi gue mau dateng subuh!

Sampai!

Syahdunya

Terlihat samar-samar Gunung Gede

Rasanya pengen berenang.
Oh ya di Situ Gunung ada penyewaan getek dan perahu bebek-bebekan. Waktu itu kita nyewa getek, cukup membayar 15ribu per orang kita udah keliling-keliling pake getek, murah dan menurut gue ini wajib banget ketika kalian ke Situ Gunung.

Abang-abang getek

Getek wefie, padahal semuanya takut getek ngejengkang

Syahdunya ~

Setelah puas menikmati Situ Gunung, kitapun kembali lagi ke gerbang utama. Oh ya tujuan kita balik lagi ke gerbang utama karena kita ingin mengunjung jembatan gantung dan Curug Sawer. Dulunya, kita bisa ke Curug Sawer langsung dari Situ Gunung, akan tetapi saat ini jalurnya sudah ditutup kata abang-abang ojek.

Setibanya di gerbang utama kita istirahat dulu guna melemeskan betis yang mulai kenceng. Setelah istirahat kita melanjutkan perjalanan menuju jembatan gantung terlebih dahulu. Kita berjalan hanya butuh 10 menit dari gerbang utama dan akhirnya sampai di jembatan gantung terpanjang di Jawa Barat. Sayang seribu sekali sayang ternyata jembatan ini belum dibuka untuk umum, padahal jembatannya udah jadi. Oh ya jembatan ini dibangun sebagai jalan pintas menuju Curug Sawer. Tapi si kayanya kalo udah dibuka mah kebanyakan pengunjung bakal selfie di pinggir jembatan ini, secara keren banget si!

Jalan menuju jembatan gantung + Curug Sawer

Jalurnya masih ramah

Ini dia!

Sayang sekali belom dibuka sodara-sodara

Setelah poto-poto di jembatan gantung yang belom dibuka, kita melanjutkan perjalanan menuju Curug Sawer. Perjalanan Curug Sawer ini aduhaiii bener coy, jauhnya Masya Allah bener deh. Pertama si jalurnya turun dulu, enak kan tuh, pas udah di dasar lembah lalu pindah punggungan baru deh jalurnya naik bener, ancuuuuk. Pas uda di punggungan sebelah, kita bisa dengan jelas melihat bentangan jembatan gantung. Trus abis itu turun sampe deh di Curug Sawer. Asli lah 1,7 km itu bener-bener gemporin. Setelah berjalan selama 50 menit dari jembatan gantung, kita pun sampe di Curug Sawer!

Jalan terooos

Sampai!

Sesampainya di Curug Sawer, rasa lelah seakan sirna karena percikan derasnya air Curug Sawer. Asli ini curug deres banget, dan emang gak boleh berenang. Kita bisa mandi-mandi lucu palingan di aliran sungainya aja. Oh ya saat ini sedang dibangun beberapa bangunan untuk menunjang wisatawan yang datang ke Curug Sawer. Sepertinya ini curug bakal jadi bagus dengan berbagai fasilitas nantinya. Setelah foto-foto saatnya kita untuk main-main di alirannya, gak afdol coy kalo udah ke curug tapi gak basah, minimal jempol kaki deh yang basah.

Yuhuuu

Ntap ye alirannya

Itu kayanya gua lebih sayang sepokatnya daripada elunya, Met

Kaya arip aje, cuma bersihin sikil

Adem gak Met? Jelas ye ampe mengkerut tuh ijib

Setelah puas main di Curug Sawer, maka berakhir pulalah camping ceria kita di Situ Gunung. Singatnya kita meninggalkan Situ Gunung jam setengah 2 siang dengan angkot yang sama waktu kita berangkat (karena sudah janjian), tarifnya pun sama, dan kita sampe di Stasiun Cisaat jam setengah 3an dan kita naik kereta jam 4an. Sampai jumpa Situ Gunung, gua pasti bakal dateng lagi soalnya elu emang ngangenin si!

Oh ya gue punya beberapa tips buat kalian yang mau campcer di Situ Gunung ;

1. Untuk menuju Situ Gunung bisa pake kendaraan pribadi maupun umum. Kalo kendaraan umum, naik aja kereta biar cepet.
  2. Dari Stasiun ada angkot yang udah standby untuk ke Situ Gunung. Tarifnya si kata abang angkotnya antara 150-200, tinggal nego aja.
  3. Ada juga angkot trayek normal dari alun-alun Cisaat ke Situ Gunung, cuma jarang.
  4. Camp area Tegal Bagendor itu luas, bisa nampung banyak tenda, cuma sayang tempatnya agak kebuka, jadi susah buat hammock-an.
  5. Untuk toilet juga tersedia di camp area ini, sumber air juga bisa diambil langsung dari pipa di kamar mandi, airnya bersih dan langsung dari gunung jadi bisa langsung diminum.

Oke deh itu dia cerita gue selama campcer di Situ Gunung. Buat kalian yang kemari jangan lupa untuk foto-foto yang kece soalnya emang ni tempat kece abis. Trus jangan lupa untuk tidak buang sampah sembarangan dan corat-coret gak jelas karena itu alay! Salam lestari dan salam ransel semua!