Jalan-jalan ke Madura : Air Terjun Toroan, Pantai Nepa, Bukit Jaddih, dan Mecusuar Bangkalan

Cerita ini sebetulnya melanjutkan cerita gue waktu jalan-jalan di Surabaya. Sebelum gue pulang ke Jakarta, gue masih main-main lagi di daerah yang deket-deket situ. Coba, daerah apa yang paling deket dari Surabaya? Hmm banyak si ya, ada Gresik, Sidoarjo, Madura, bahkan Malang juga deket. Tapi hati gue sudah bulat dan pengen banget ke daerah yang terkenal karena karapan sapinya dan juga satenya (kalo di depok). Yaps jalan-jalan gue berlanjut menuju pulau yang sebelahan persis sama Surabaya, yang dihubungkan dengan jembatan yang cukup indah, Madura!

Gue ke Madura juga sama si Abri lagi, naik motor dia dan PP. Iya PP, jadi ga ada acara gue ama dia nginep di Madura, lah wong rumahnya si Abri deket bener dari jembatan Suramadu, jadi ngapain nginep. Oke jadi ceritanya gue uda punya ancang-ancang ke Madura itu mau kemana aja, awalnya gue mau explore seluruh kabupaten Madura, tapi keluasan cuy jadi cukup dua kabupaten aja deh yang kemarin gue singgahin yaitu Bangkalan dan Sampang. Oke deh lanjut aja hari pertama gue kemana dan hari kedua gue kemana gitu ya.

Air Terjun Toroan dan Pantai Nepa

Di hari pertama ini temennya si Abri ikut, namanya Andre, doi asli Madura jadi taulah jalan-jalan di Madura. Awalnya, hari pertama kita mau main di Bangkalan aja, eh malah kepeleset ke Sampang. Yap tujuan kita hari ini adalah menuju Air Terjun Toroan yang berada di kabupaten Sampang tepatnya di daerah Ketapang.

Petunjuk menuju Air Terjun Toroan

Kita jalan dari gerbang tol Suramadu jam 10 pagi, dan ini adalah pertama kalinya gue melewati jembatan yang nyebrang melewati laut macem golden gate!*lebay. Anginnya kenceng bener bray. Singkatnya perjalanan dari gerbang tol Surabaya sampe gerbang tol Madura selama 15 menit, kita sampe deh di Bangkalan. Ini adalah pertama kalinya gue menginjakan kaki di tanah Madura, kesan pertama yaitu gersang dan panas bener wilayahnya, yah namanya juga di pesisir, Surabaya juga gitu.

Perjalanan dari Suramadu menuju Air Terjun Toroan bakal makan waktu sekitar 2 jam 15 menit (kata maps), tapi beneran, soalnya kita bakal motoran sejauh 90 kilometer sekali jalan di mana PP jadi 180 kilometer bray! Pegel dah tuh tapi tetep semangat soalnya kita bertiga juga sama-sama belom pernah ke air terjun ini yang katanya airnya langsung jatuh ke laut lho! Dari Kota Bangkalan, nanti kita belok kanan, ke arah Banyuates dan Ketapang. Nah untuk jalannya sendiri overall udah bagus, cuma beberapa masih ada yang lobang-lobang batman, lobangnya kecil tapi kalo dilewatin lumayan bikin shock. Singkat cerita, perjalanan selama 2 jam 20 menit dari titik start kita di gerbang tol Suramadu arah Madura, akhirnya kita tiba di Air Terjun Toroan, hore!!!

Air terjun ini berada di bawah parkrian motor. Oh ya, di sini tersedia parkiran, toilet, mushola, dan juga warung, untuk warung sendiri jualan makanan ringan dan berat, harganya murah bener padahal di tempat wisata. Satu lagi, pengunjung ga dikenakan tiket masuk alias gratisssss, cuma bayar parkir aja 1 motor 5 ribu, murah bener kan padahal fasilitasnya uda cukup oke seperti tangga untuk memudahkan pengunjung langsung turun menuju air terjun. Setelah santai ria, kami jalan menuju lokasi air terjun dan voilaaa, segala rasa capek kita setelah menempuh 90 kilometer sirna sudah!

Toroan!

Air terjunnya lamgsung nyebur ke laut lho
Si Abri cak jiancuk

Cah Meduro asli, cak Andre

Dab cuy Dab!
Setelah puas foto-foto sambil menikmati indahnya Air Terjun Toroan, kita pun pulang kembali menuju Surabaya dan menghadapi kenyataan kalo kita harus menempuh jarak 90 kilometer lagi cuy! Tetapi sebelum pulang, di deket perbatasan Sampang dan Bangkalan kita mampir dulu ke pantai yang kata Andre lumayan bagus, garis pantainya cukup keren untuk menikmati sunset, namanya Pantai Nepa. Kebetulan pantai itu juga searah sama jalan kita pulang, mampir dulu kalo begitu.

Pantai ini agak jarang diketahui sama wisatawan, buktinya waktu kita kesana kebanyakan yang main ya penduduk sekitaran situ aja. Padahal, garis pantai dan pasirnya cukup aduhai lho, dan bersih! Di pantai ini juga terdapat banyak monyet, soalnya Pantai Nepa memang deket sama hutan monyet. Di pantai ini lagi-lagi kita ga bayar tiket, cukup parkir aja 1 motornya 5 ribu, asli ini mah hemat bener. Pantai ini cocok banget buat berenang karena ombaknya cukup tenang, lalu bersih juga, atau kalau kamu gamau berenang, menikmati sunset di sini sangat juara!

Menuju sunset
Ombaknya tenang
Sambil udut juga kane
Sambil narsis apalagi

Setelah puas menikmati sunset, kitapun pulang kembali menuju Surabaya. Singkatnya gue sama Abri sampe di rumah jam 8 malam atau 2 jam perjalanan dari Pantai Nepa dan si Andre juga langsung balik ke kosannya deket Unair. Kitapun istirahat buat jalan-jalan di hari kedua besok, masih di Madura cuy!

Bukit Jaddih dan Mecusuar Bangkalan

Pagi hari yang cerah, lagi-lagi bangun siang gara-gara badan capeknya polll. Delalahnya, si Abri sakit ternyata, kecapean, jadi di hari kedua ini justru gue jalan-jalan sama adeknya, Kiki namanya. Di hari kedua ini gue masih jalan-jalan ke wilayah Madura, tapi di Bangkalan aja, fix gempor banget kalo mau ke Sampang lagi, apalagi Pamekasan, apalagi Sumenep! Di hari kedua ini rencananya gue mau ke tempat yang udah lama hitz di Madura, namanya Bukit Jaddih dan satu lagi yang ga begitu hitz, namanya Mecusuar Bangkalan.

Gue mulai jalan dari rumah jam 11 siang, iya siang banget yak mana panas terik. Alasan siang karena jarak lokasi yang kita tuju dari rumah cukup deket, lagian juga ga lama-lama di sana. Gue dan kiki kesana naik motor, biar praktis. Lokasi pertama yang kita tuju adalah Bukit Jaddih yang berada di daerah Socah, Bangkalan. Buat kamu yang mau kesini dan gatau jalan, santai aja, nyalakan GPS dan tulis aja Bukit Jaddih, nanti muncul deh jalan kesananya. Kita kesana pake GPS juga dan FYI aje ye, sinyal XL di Madura 4G cuyyy bahkan sampe pedaleman. Singkat cerita perjalanan selama 1 jam dari rumahnya Abri di Suramadu, kitapun sampe di tujuan pertama yaitu Bukit Jaddih yang hitzzzz bener!

Rute dari Suramadu ke Bukit Jaddih

Bukit Jaddih!!!!

Tempat yang terhits di Madura

Ada sisi hijaunya

Buat yang mau kesini, gue saranin banget buat pakai kacamata hitam dan topi, asli lah panasnya gokil banget ditambah itukan bukit kapur, warna nya putih, otomatis jadi silau banget bray kalo siang. Waktu itu kita pol-polan panasnya, maklum nyampenya tengah hari. Overall buat gue emang ini bukit kece badai, seneng banget ngeliat kikisan-kikisan tambang kapur di sini. Meskipun kondisi di sini gersang, tapi ada satu spot yang cukup "hijau" lho, mayan lah kan nyegerin mata meskipun cuma rumput. Oh ya di Bukit Jaddih juga ada kolam renang lho, yang berminat atau kalo ngeliat air dikit bawaannya mau nyelem, boleh banget tuh berenang di sana, meskipun ada juga kolam "alami" di lokasi tambangnya.

Setelah puas menikmati Bukit Jaddih, kita melanjutkan perjalanan lagi menuju Mecusuar Bangkalan. Kita lagi-lagi menggunakan bantuan GPS Google Maps dari Bukit Jaddih ke Mecusuar Bangkalan. Percaya deh, GPS di sini akurat banget. Singkatnya perjalanan selama 30 menit dari Bukit Jaddih, kita pun sampai deh di Mecusuar Bangkalan.

Rute dari Bukit Jaddih ke Mecusuar Bangkalan

Ini dia Mecusuar Bangkalan

Tampak dari depan
Sayangnya, yang punya niatan buat naik ke atas mecusuarnya itu ga boleh, gue juga punya niat gitu eh tapi pintunya dikunci. Padahal di beberapa IG gue ngeliat ada orang yang naik ke atas mecusuar lho, kan lumayan ya menikmati Madura, laut jawa, dan juga Pulau Jawa dari atas. Jadi waktu kita kesini cuma foto-foto aja sambil makan siang di warung deket sini. Setelah puas foto-foto di Mecusuar, maka berakhirlah edisi jalan-jalan gue untuk explore Madura ini dan kembali pulang menuju rumahnya Abri.

Oh ya gue mau ngasih beberapa tips ni buat kalian yang mau explore Madura :
  1. Buat explore beberapa spot wisata di Madura, baiknya kalian naik kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, soalnya akses tranportasi umum yang lokal itu sulit, rata-rata transport umum seperti bus dari Surabaya hanya menuju kota utama Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.
  2. Untuk sewa kendaraan di Madura, gue gatau asli, tapi kalo di Surabaya banyak. Penginepan juga ada di Bangkalan Kota, cuma gue gatau harganya, cuma keselibet ngeliat pas lewat.
  3. Untuk pom bensin, saat ini cukup tersebar di beberapa wilayah di Madura khususnya di daerah yang gue lewatin seperti di Suramadu, Bangkalan Kota, Banyuates, dan Ketapang sudah ada pom bensin besar.
  4. Kondisi jalan di Madura overall sudah bagus, cuma ada beberapa lobang yang cukup jengkelin.
  5. Rata-rata jalur di Madura uda kaya jalur di sirkuit, semua pada ngebut, jadi pilihannya kamu jalan kecepatan sedang di kiri atau ngebut aja sekalian.
  6. Kalau kalian gatau jalan menuju lokasi tempat wisata, kalian bisa gunain GPS, cukup akurat dan sinyal di Madura itu keren bener, 4G cuy!
  7. Bisa juga kalian nanya masyarakat sekitar, baik-baik kok masyarakat Madura itu tapi rata-rata mereka akan menjawab dengan bahasa Madura, bukan Bahasa Jawa atau Bahasa Indonesia, ataupun Bahasa Indonesia dengan logat Madura, ya dengerin secara seksama intinya.
  8. Usahain buat kalian yang naik motor, untuk segera pulang melewati Suramadu sebelum jam 11 malem, soalnya katanya di atas jam 11 malem masih banyak begal berkeliaran di Madura lho. Ini bukan kata gue, tapi kata Ande anak asli Madura dan juga kata masyarakat Madura yang ngerantau ke Surabaya. Bahkan masyarakat Madura nya sendiri resah sama begal-begal ini.
  9. Usahain juga selalu lewat jalur utama kalau kalian menuju spot wisata yang kalian tuju, jangan lewat jalur tikus atau pedalaman kampung, soalnya banyak penjahat, lagi-lagi ini kata mereka masyarakat Madura sendiri bukan kata saya.
Oke deh itu dia cerita jalan-jalan gue selama 2 hari di Madura, meskipun cukup banyak stigma negatif tentang Madura, tapi gue memiliki penialaian yang berbeda. Madura meskipun tanahnya gersang dan panas, tetapi menyembunyikan pesona yang luar biasa indah. Begitu juga masyarakatnya, mereka sangattt baik, beneran lho, selama kalian sopan di sana, kalian bakal ngerasain kebaikan yang tulus dari mereka. Satu hal lagi, jangan takut explore Madura, asli ini daerah menyimpan berbagai macam wisata alam yang keren dan masih agak jarang dikunjungi lho!

Setelah dari Madura apa gue langsung balik ke Jakarta? Oh tidak, masiha ada satu daerah lagi, tapi tunggu postingan selanjutnya ya. Salam ransel dan salam secangkir kopi panas semua!