Backpacker ke Pulau Menjangan Taman Nasional Bali Barat

Sebetulnya, backpacker ke Menjangan ini uda gue muat sebelumnya dalam tulisan Klik ini Tour De East Java sekitar bulan juli lalu. Tetapi banyak temen-temen gue bahkan orang lain yang nanyain "kok lo bisa si ke Menjangan budget segitu? Gila!gue ke Menjangan ngeluarin duit 39x.xxx tapi lo cuma ngeluarin segitu? Please dong share gimana caranya...pleaseeee". Nah kan gue juga uda ngejawab itu berulang-ulang, mungkin pada ga ngeh kali ya ama tulisan gue yang dulu. Maka dari itu, gue khusus buat tulisan ini gimana cara gue bisa ke Menjangan dengan biaya yang murah meriah ke pulau nan eksotis di Bali Barat!




Tujuan gue ke Menjangan memang ada dalam benak gue, tapi bukan saat gue pergi ama temen-temen  waktu itu yang memang rencana nya sudah ke Air Terjun Madakaripura dan Explore Banyuwangi saja. Jadi ceritanya gue dan temen-temen dari Madakaripura itu langsung menuju Banyuwangi, nah di Banyuwangi kita mampir sekalian bermalam selama exploring di Rumah Singgah Backpacker Banyuwangi yang berada persis dekat Stasiun Karangasem, berjarak cuma 50-60 langkah aja. Sebelumnya gue uda ngehubungin seminggu sebelum jalan untuk stay disana kepada sang pemilik rumah.

Sesampainya disana, gue disambut pemilik rumah singgah yaitu mas Rachmad yang asik dan ramah banget. Bagi kalian yang mau stay disana, bisa hubungin doi ni via Facebook nya. Nah sesampainya disana sekitar jam 1 pagi, kita disambut trus ngobrol-ngobrol dulu. Nah pas ngobrol-ngobrol itu, kita ditawarin sama mas Rachmad mau gak ikut sharing cost ke Menjangan, soalnya uda ada 3 orang dari Semarang, 1 orang dari Swiss, dan 1 orang dari Perancis yang mau kesana. Jika ditambah kita yang jumlahnya ber-6, otomatis biaya akan semakin murah. 

Mas Rachmad langsung terbuka soal harga yaitu dengan biaya 1 setengah juta untuk 10 orang saja! Wow berarti kita hanya membayar 150rb saja dan sudah sampai Menjangan! Trus patungan bensin mobil bak mas Rachmad 25rb/orang, sehingga total 175rb kita mendapatkan :
  • Kapal dari Dermaga deket Baluran (lupa namanya) sampe Menjangan PP pake kapal Boat bukan nelayan
  • Makan siang
  • Peralatan Snorkeling kecuali Fin
  • Transportasi rumah singgah sampe dermaga pp
  • Minum kopi, teh, air mineral gratis
  • Exploring Pos Menjangan 1, 2, dan 3
  • Bonus Pulau Tabuhan
  • Asuransi
Yap sangat murah dengan biaya tersebut sudah tercover semua dan bonus Pulau Tabuhan yang pasirnya putih banget. Intinya, ini murah karena travel yang kita pakai merupakan temen Mas Rachmad, jadi doi memang dikasih harga temenlah istilahnya.

Nah buat kalian yang mau ke Menjangan dengan biaya murah meriah kaya gue dan temen-temen lainnya, tips gue adalah hubungin dulu mas Rachmad, kira-kira di hari kalian datang nanti ada yang mau sharing cost gak buat ke Menjangan. Atau kalau kalian sudah banyak masa (7-10 orang), bisa tuh langsung sharing cost meskipun biaya agak mahal. Intinya kalau 10 orang ikut itu uda murah.

Oke deh itu dia tips dari gue gimana caranya supaya murah ke Pulau Menjangan, intinya backpacker itu ga merana dalam berexploria, justru dengan backpacker, kita bakal menemui temen-temen baru dari daerah lain bahkan negara lain yang sama-sama mau berexploria secara murah meriah tetapi di tempat yang menawan.

Salam ransel dan salam secangkir kopi hitam semua!











Komentar

  1. nice info boss
    mw nanya, di rumah singgah ngasih brp bang? ak sm tmn2 ada rencana mw k menjangan abis lebaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada kewajiban buat ngasih si bang hehe, semuanya betul-betul free buat pejalan :)

      Hapus
  2. kontak mas rahmadnya boleh mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini mas nomornya, 081913914231. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  3. Terimakasih infonya pengen bgt kesana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba, semoga kesampean buat ke Menjangan ya :)

      Hapus

Posting Komentar